Semoga Dikuatkan Keluarga Besar SBY

Ani Yudhoyono Sakit
Link Banner

Berita tentang sakit yang diderita oleh Mantan Ibu Negara Hj. Kristiani Herawati Binti Sarwi Edhie Wibowo atau akrab disapa Ibu Ani Yudhoyono begitu cepat menyebar ke seantero negeri. Pada awal awal beliau diopname di National University Hospital Singapore pekan lalu. Ani Yudhoyono yang selama ini dikenal sebagai perempuan tangguh dibalik sukses Presiden RI ke Enam Susilo Bambang Yudhoyono. Ibu Ani Yudhoyono kini terbaring sakit di ruang perawatan setelah hampir sepuluh hari menjalani pengobatan di negeri jiran.

Saya termasuk orang yang pertama kali mendapatkan informasi perihal sakitnya Mantan Ibu Negara yang ramah itu. Sebagai seorang yang cukup mengenal beliau, saya ikut merasakan kesedihan yang dialami keluarga SBY. Tentu bagi Pak SBY sakitnya sang isteri sedikit banyak mempengaruhi psikologisnya. Sebagai pasangan yang lebh dari empat puluh tahun bersama merasakan sakit senang dan suka duka berumah tangga. Termasuk saat bersama sama selama sepuluh tahun menjadi Presiden dan Ibu Negara. Ibu Ani adalah api semangat yang tak pernah padam di dalam diri SBY. Termasuk saat menjalani masa masa sulit memimpin menjalani masa transisi dan keluar dari krisis.


Tidak mudah menjadi SBY pada saat seperti itu. Ia harus menjalani peran sebagai Presiden dan memimpin kabinet dan wajib menjalankan amanah rakyat yang disandangkan dipundaknya. Lalu bertahan ditengah kritik dan bahkan hujatan personal dari lawan politik serta pihak pihak tak beretika yang dilayangkan kepadanya. Ibu Ani-lah yang berdiri disamping SBY, memberi semangat.

Sambil berkelakar dalam sebuah pertemuan di ruang perpustakaan kediaman pribadi SBY di Cikeas pada awal April 2017 silam, saya pernah mengatakan kepada Pak SBY dan Bu Ani, bahwa mereka berdua adalah sepasang manusia yang saling melengkapi. Pak SBY berkata dan memberi arahan, Bu Ani mencatat dengan amat rapinya setiap perkataan itu. Ia menjadi notulis setiap pertemuan dan. Jadi jangan coba coba berjanji kepada SBY jika tidak mampu menepati karena setiap janji dan perkataan kita saat rapat pasti dicatat sebagai notulen dengan rapi oleh Bu Ani.

BACA JUGA  Andai Mendikbud Kader PKS

Sampailah pada hari yang mengejutkan itu, Rabu (13 Februari 2019) dalam sebuah pernyataan resmi yang disampaikan Pak SBY kepada publik melalui akun Youtube-nya. Sang Isteri Tercinta kini menjalani perawatan di NUH setelah divonis dokter mengidap penyakit kanker darah. Saya menonton rekaman itu ketika Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat Bang Rachland Nashidik membalas pesan Whatsapp saya dengan mengirimkan rekaman pernyataan Pak SBY secara lengkap.






Langit seakan rubuh, saya terdiam sangat lama. Pada awalnya, saya hanya mengira Ibu Ani hanya memerlukan perawatan sederhana karena kelelahan usai menjalani tour panjang ke Sumatera Utara dan Aceh pada medio Januari silam. Saya juga bersepekulasi dirawatnya Bu Ani di Singapura adalah untuk total beristirahat. Karena jika di rawat di RSPAD, ia akan sedikit terganggu dengan banyaknya kerabat yang dapat menjenguk dan tentu saja tidak bisa istirahat dengan total.

Namun, diagnosa dokter merubah dan membuyarkan semua asumsi dangkal tersebut. Kini perempuan yang sudah saya anggap sebagai ibu sendiri itu terbaring lemah di ruang perawatan rumah sakit. Sebuah foto beredar di jejaring media sosial. Pak SBY menyentuh kening Bu Ani sambil tangan keduanya bergenggaman erat. Foto itu mungkin diambil dengan menggunakan kamera Mas Anung Anindhito atau Uda Abror Rizky. Entahlah, namun foto itu telah menegaskan kepada khalayak bahwa SBY dan Ani tengah saling menguatkan satu dan lainnya.

Semoga dikuatkan Allah Pak SBY dan Mas AHY serta Mas Ibas, dan tentu saja doa doa akan terus dialirkan demi kesembuhan kembali kepada Bu Ani. Ibu yang baik dan penyayang bagi semua anak anaknya yang bukan cuma AHY dan EBY, akan tetapi bagi semua orang yang mengenal beliau.

BACA JUGA  Ironi Ahmad Dhani

Tetap sehat Pak SBY,
Segeralah sembuh Bu Ani, kembalilah ke rumah dan riang seperti sedia kala.
Aamiin..

Oleh Dian Permata

 

Jurkam

Tulis Komentar

Tinggalkan Balasan