Video Amp

CATATAN KRITIS VIDEO AMPLOP

Diposting pada
Bagikan Artikel Keren Ini

Rame ya video amplop yg diterima seorang (diduga) tokoh ormas Islam terbesar di Indonesia.

Saya coba kasih pandangan kritis. Saya khawatir, ini UMPAN LAMBUNG.

Begini…

(1) Siapa yg punya kesempatan merekam video disitu? Tentu siapapun itu, adalah orang yang sangat dekat dengan mereka. Apakah dengan si pemberi atau si penerima.

(2). Tidak ada tanda2 mendokumentasikan pertemuan tersebut dilarang atau dihalang-halangi. Misalnya tampak video direkam dari kamera tersembunyi atau dari posisi yg disembunyikan.

(3). Artinya, yang menyebar video tsb ke ruang publik adalah orang2 yg gampang di-trace identitasnya. Tentu saja diawali dari si perekam. Apa dia yg ngeshare ke publik? Kl bukan dia, kemana dia share pertama kami. Ke pribadi atau ke grup. Pokoknya bisalah dicari orangnya.

Dari 3 fakta tsb saya mengambil kesimpulan sbg berikut:

(1). Video tsb SENGAJA direkam.
(2). Video tersebut SENGAJA disebarkan.

Untuk apa? Banyak sih jawaban yg bisa dibuat. Tapi yg paling mungkin adalah: UNTUK MENJEBAK.

Saya menduga video ini sengaja disebar awalnya TANPA CAPTION apapun. Kemudian kawan2 terpancing buat kesimpulan sendiri, terlalu kreatif sampe melabrak kaidah2 menyebar kabar bohong, fitnah, & hoax.

Saya yakin, sebentar lagi akan ada rilis resmi dari ormas tsb tentang apa yg terjadi dlm VIDEO AMPLOP tersebut. Selanjutnya terserah aparat untuk menindaklanjutinya. Apalagi tampak ada oknum aparat di video tsb. Kawan2 aktifis kritis yg terlanjur latah men-share, bisa aja diciduk: kapan aja, dimana aja. Tuduhannya ada, alat buktinya ada, korbannya pun ada.

Jadi… Jaga jempol kita brader. Jgn latah ngeshare apapun apalagi ditambahin caption negatif jika sumbernya ga jelas. Waspadai akun2 umpan lambung.

BACA JUGA  SURAT UNTUK AHMAD DHANI

Kalo ada yg penasaran, mungkin blm pernah liat video amplop dimaksud, mohon maaf ga saya posting.

Tetap kritis, tetap cerdas menyikapi kemungkinan kriminalisasi. Kalo pun kejadian, perbanyak istighfar, sungguh Allah adalah sebaik-baik penolong dari penguasa yg tdk mampu menegakkan keadilan bagi rakyatnya.

Tertanda
Rakyat Jelata nan Ganteng Tralala
Arief Arbianto Fanpage


Bagikan Artikel Keren Ini